Calon Maba: Mahasiswa Bangkotan (?) | Yang bisa dilakukan selain skripsi

By 22.22

Kuliah. Satu kata yang mewakili jenjang pendidikan yang ditempuh setelah sekolah. Sebenarnya, kuliah juga masih di tingkatan sekolah, karena sama-sama menuntut ilmu disebuah institusi resmi. Eh sebentar, "menuntut ilmu"? Salah apa ilmu kok dituntut begitu? Gimana kalau kita ganti jadi mencari ilmu? Toh lebih enak kan. Karena sampai kapanpun kita akan terus belajar kan, mencari ilmu kan.. hehehe *pembelaan*

Nah, kuliah ini ada yang diploma, sarjana, master, hingga doktor.
Tapi, yang lebih umum disebut dengan kuliah adalah mereka yang sedang menempuh pendidikan di jenjang diploma ataupun sarjana.
Berhubung aku saat ini lagi masa-masa kuliah, aku mau bahas tentang Calon Maba.

Kalau biasanya Calon Maba itu identik dengan kepanjangan Calon Mahasiswa Baru, kali ini beda. Calon Maba disini, kepanjangannya adalah Calon Mahasiswa Bangkotan.
Kenapa Calon? 
Karena belum jadi Maba (red: Mahasiswa Bangkotan)
Kenapa Bangkotan?
Karena biasanya lulusnya lama, jadi udah tua gitu.

Sebenarnya, takut juga buat nulis tentang Maba ini di blog. Takut kena batunya!
Tapi ah sudahlah. Ini hanya berbagi. Toh semua sudah ditentukan oleh Sang Penentu Takdir. Yang harus kita lakukan adalah berusaha terbaik. Yang salah satunya adalahhh... SKRIPSINYA DIKERJAIN! *teriak ke diri sendiri*
 Iyalah gimana mau lulus kalo ga dikerjain? kalau ada yang bingung, emang wiwit udah ngerjain skripsi?
Hehe belum kok belum. Baru draft proposalnya. Doakan yaa semoga dilancarkan. Aamiin.

Nah ngomong-ngomong Calon Maba, biasanya udah kuliah disemester akhir kan? Salah satunya ya seperti saya ini.
Mahasiswa semester akhir ini juga ga semuanya mulus kok. Ada yang musti ngulang mata kuliah yang nilainya kurang memuaskan, ada juga yang masih harus mengambil mata kuliah wajib yang belum diambil di semester sebelumnya. Kali ini, aku ga bahas tentang susahnya jadi Maba dll kok. Soalnya aku juga ga ngalamin (jangan sampe).
Yang akan aku bahas adalah persiapan menghadapi semester akhir. Karena sudah jadi Calon Maba. Jadi harus dipersiapkan sedemikian rupa biar ga jadi Maba beneran.
Biasanya, bagi yang udah banyak mengambil mata kuliah di semester sebelumnya, akan merasa kesenangan sekaligus kebingungan menghadapi semester akhir. Kita sebut saja semester 7. Senang? Karena perjuangan kuliah tinggal sedikit lagi brooo.. Mata kuliahnya tinggal sedikit dan tinggal ngerjain 1 hal sederhana yang luar biasa: skripsi.
Bingung? Karena kuliah yang tinggal sedikit itu, membuat mahasiswa merasa terlalu banyak waktu luang yang bingung akan dipakai untuk apa, selain ngerjain skripsi tentunya. Tapi kalau ngerjain skripsi terus bosen lah ya, capek. Makanya, mahasiswa yang ada di level ini lumayan bingung untuk menghabiskan waktu yang biasanya diisi dengan kuliah dan organisasi. Apalagi anak kos, biasanya jadi kebanyakan main. Dan alhasil: pengeluaran membengkak!

So, ini dia hal-hal yang bisa dilakukan di semester 7 selain skripsi.
  1. Berwirausaha
  2. Menyalurkan hobi
  3. Eksplor tempat baru
  4. Cari potensi diri (lagi)
  5. Kerja 
  6. Membaca-Menulis
Untuk mempermudah melakukan hal-hal diatas, kita bisa kok bikin to do list di semester tersebut. Terus ditempel deh di kamar. Kan cucok!!

Sebenernya, mau ngejelasin satu per satu poin-poinnya. Tapi apa daya, besok ujian 2 mata kuliah dan salah satunya adalah presentasi draft proposal penelitian yang udah aku bikin. Nanti aku lanjut di postingan selanjutnya aja yaa..
Terima Kasih ^^

Bersambung..

You Might Also Like

0 komentar